Saturday, March 17, 2012

Aplikasi Keamanan Untuk Android Anda

Android merupakan sistem operasi yang saat ini banyak digunakan oleh vendor-vendor smartphone dan tablet. Semakin mudah dan menariknya akses pengguna dalam berinteraksi dengan perangkatnya, sering menimbulkan rasa kekhawatiran. Salah satunya adalah keamanan smartphone yang gampang diretas oleh tangan-tangan tak bertanggung jawab.
Pertukaran informasi melalui jaringan nirkabel dengan perangkat mobile, rentan terserang konten berbahaya. Dengan begitu, Anda pun harus dapat memastikan bahwa perangkat Anda telah dilengkapi dengan aplikasi keamanan mumpuni untuk melindunginya dari bahaya. Selain itu, kemudahan orang lain dalam mengakses informasi pribadi Anda pun seringkali dimanfaatkan untuk hal yang dapat merugikan.

Perfect App Protector
Aplikasi keamanan Android yang dikembangkan oleh pengembang Morrison Smart Software ini memungkinkan Anda agar dapat menggunakan passcode untuk fitur-fitur seperti SMS, email, gambar, kamera, koneksi USB, kalender, messenger dan fitur lainnya yang hendak dipilih. Ketika seseorang membuka aplikasi Android ini, App Protector secara otomatis bekerja untuk meminta penggunanya memasukkan sandi. Hal tersebut sangat berguna apabila smartphone Anda telah dicuri, atau menyimpan informasi pribadi yang bersifat rahasia. Sementara, sebelum menggunakan aplikasi android ini, pastikan Anda telah melindungi aplikasi uninstaller agar orang lain tidak dapat begitu saja mematikan program aplikasi Android ini. Agar kata sandi Anda tidak mudah diretas, Anda dapat menghapus sandi tersebut kapan saja. Untuk memilikinya, Anda dapat mengunduhnya gratis di Android Market.
aFirewall Call and SMS Blocker
aFirewall adalah aplikasi keamanan Android yang dapat melakukan blokir panggilan masuk dari daftar nomor yang telah ditentukan. Apabila Anda sering merasa terganggu oleh panggilan yang kurang penting, aplikasi ini dapat menjadi solusi. Bukan hanya panggilan masuk, aplikasi yang dikembangkan Lucky-Dog ini pun dapat melakukan blokir terhadap pesan yang masuk. Anda dapat memblokir hubungan dengan pihak-pihak seperti telemarketer, kolektor tagihan, langsung dari aplikasi ini. Selain itu, aplikasi ini memungkinkan Anda agar dapat membagi daftar blokir ke dalam beberapa kelompok seperti Black List, White List, Contact, Non Contact, dan Unknown and Private Calls. Untuk memilikinya, Anda dapat mengunduhnya gratis di Android Market.

SecuritySuite
Droidhunter Security mengembangkan aplikasi keamanan Android yang dapat melindungi smartphone Anda dari serangan virus, mendeteksi gangguan malware, melakukan pemindaian keamanan smartphone, dan juga dapat mengelola SMS spam yang masuk. Kemampuannya mencari ancaman terhadap Android Anda dan memberikan laporan user review tentang ancaman keamanan lainnya bekerja dengan baik. Aplikasi keamanan ini pun tersedia dalam versi gratis. Untuk memilikinya, Anda dapat mengunduhnya di Android Market.

Allatori Obfuscation
Aplikasi keamanan yang satu ini memang tidak dapat langsung melindungi Android dari serangan otomatis. Tapi, dapat membuat serangan awal lebih sulit untuk menembus sistem dengan menghapus simbol-simbol dari konfigurasi asli. Ada begitu banyak aplikasi obfuscation Java yang dapat bekerja dengan aplikasi Android. Salah satunya adalah aplikasi rancangan Allatori. Untuk memilikinya, Anda dapat mengunduhnya gratis di Allatori.com.
Selain menggunakan aplikasi-aplikasi yang dapat dengan mudah Anda temukan, metode keamanan lainnya dapat Anda lakukan secara manual. Dengan cara memodifikasi licence library, Anda dapat menggunakannya untuk melawan para peretas. Hal tersebut dapat melindungi sistem keamanan Anda dengan memecah fungsinya. Anda perlu mengatur tiga pilihan utama yang terdapat dilicence library dan terus meng-update secara periodik keamanan Android.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook