Monday, March 19, 2012

Tips Mengatasi Rantai Tiger yang Berisik



Motor gede dengan kapasitas mesin 200 cc ini ternyata cenderung rewel utamanya masalah yang sering kita temukan dilapangan adalah rantai yang berisik karena sudah aus. Keausan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu:
1. Debu dan kotoran yang melekat
2. Rantai karatan
3. Penggunaan Pelumas yang salah



Nah, bagaimana cara mengatasi rantai tiger yang rewel seperti ini? Berikut ulasannya
Jika rantai tiger anda masih bagus sebaiknya anda segera melakukan perawatan yang tepat karena banyak pengguna tiger yang mengatakan bahwa mereka merawat rantai mereka. Tapi pertanyaannya apakah perawatan yang dilakukan sudah benar atau tidak.


1.Periksa kondisi gir atau rantai apakah kendur atau tidak, lakukanlah penyetelan dengan mengendurkan baut swing arm dan menyetel rantai dengan jarak antara 8 - 11 mm.
2.bersihkan rantai dengan minyak pembersih, misalnya menggunakan solar.
3.Perhatikan kondisi penutup rantai apakah kondisinya terpasang dengan baik, sebab apabila kondisi penutup rantai yang tidak terpasang dengan baik, disamping membahayakan dapat juga menyebabkan suara berisik gesekan antara rantai dan penutup.
4.Berilah pelumas secukupnya, karena pelumas yang berlebihan juga membahayakan. bisa menetes ke ban dan membuat ban selip.
5. Saya sarankan anda menggunakan pelumas yang memang benar-benar berkualitas, khusus untuk rantai. Jangan gunakan Oli baik maupun bekas untuk rantai anda.

Jika rantai tiger anda sudah berisik atau sudah aus sebaiknya anda segera mengganti rantai tersebut karena malah akan membahayakan keselamatan anda. Namun jika kocek sedikit belum cukup maka rawatlah rantai anda dengan cara merendam rantai anda pada solar kemudian sikat seluruh permukaan rantai dan keringkan. Setelah itu pasang kembali dan gunakan pelumas yang berkualitas seperti Chainlube dan semacamnya. Ini akan membuat rantai motor anda sedikit awet sebelum anda ganti dengan yang baru.

4 comments:

Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

Masalah rantai tiger berisik itu sudah ciri khasnya tiger, saya pun baru beli baru tiger revo langsung pakai tetap berisik walau sudah diberi pelumas

maaf gan sekedar masukan. saya juga pengguna honda tiger. jgn sesekali menggunakan solar atw sejenis bahan bakar untuk mencuci apalagi merendap rantai tiger. krna disetiap titik rantai tiger ada karet seal difalamnya yg tidak tahan terhadap bahan bakar minyak.jadi lebih baik cucilah rantai dengan deterjen lalu gunakan pelumas rantai secara teratur

Post a Comment

Share

Twitter Facebook